Mengenai Saya

Foto saya
No Telp: 02295138948 Facebook ID :Darmawan Doank E-mail : batosaix81@yahoo.com

Rabu, 21 Juli 2010

Gejala Geografi ( Proses Terbentuknya Delta )

~ Delta adalah endapan yang dibuat di muara sungai di mana sungai yang mengalir ke dalam laut, laut, muara, danau, waduk, rata gersang daerah, atau ke sungai. Delta yang dibentuk dari endapan sedimen yang dibawa oleh sungai sebagai alur daun mulut sungai. Lebih lama dari waktu, endapan ini membangun karakteristik geografis pola delta sungai.

Herodotus sejarawan yang besar istilah untuk delta delta Sungai Nil karena endapan didepositkan di muaranya memiliki bentuk huruf besar huruf Yunani Delta: Δ.

~ Delta formasi
Sungai deltas formulir bila sungai membawa endapan mencapai tubuh yang berdiri air, seperti danau, laut, atau waduk. Ketika memasuki berdiri aliran air, sekarang tidak lagi terbatas kepada para saluran dan memperluas di lebar. Arus ekspansi ini hasil penurunan arus kecepatan yang diminishes kemampuan yang mengalir ke transportasi sedimen. Akibatnya, endapan turun dari arus dan deposito. Seiring waktu, satu saluran ini akan membangun sebuah beting cuping (seperti bird's-kaki dari Sungai Mississippi Ural atau deltas), mendorong muaranya berdiri lebih lanjut ke dalam air. Sebagai beting cuping kemajuan, di lereng dari saluran sungai menjadi lebih rendah karena saluran sungai lagi namun memiliki perubahan yang sama di ketinggian (lihat lereng). Sebagai kemiringan saluran sungai berkurang, menjadi tidak stabil karena dua alasan. Pertama, air di bawah karena gravitasi akan cenderung mengalir di paling bawah lereng langsung saja. Jika pelanggaran yang dapat sungai levees alam (misalnya, saat banjir), akan tumpah ke luar yang baru saja dengan rute yang singkat ke laut, sehingga memperoleh lebih stabil steeper slope. [1] Kedua, sebagai slope gets rendah , jumlah pencukuran stres di tempat tidur akan berkurang, yang akan menghasilkan endapan dari endapan di saluran dan saluran untuk naik ke tempat tidur relatif terhadap floodplain. Hal ini akan memudahkan untuk pelanggaran-nya ke sungai dan memotong levees saluran baru yang masuk ke badan air berdiri di steeper slope. Sering kali bila saluran ini, sebagian dari arus dapat tetap berada di saluran ditinggalkan. Bila saluran ini terjadi berulang kali berganti acara sepanjang waktu, yang akan jatuh tempo delta mendapatkan sebuah cabang jaringan.

Cara lain yang di cabang jaringan mungkin ini adalah bentuk dari endapan dari mulut bar (pertengahan-saluran pasir dan / atau bar kerikil di muara sungai). Bila saluran ini pertengahan bar adalah didepositkan di mulut sungai, yang mengalir adalah diarahkan di sekelilingnya. Ini hasil tambahan endapan di hulu akhir mulut-bar, yang Splits sungai menjadi dua cabang saluran. Contoh yang baik dari hasil dari proses ini adalah Wax danau delta di Louisiana.

Dalam kedua kasus ini, proses depositional memaksa kembali dari endapan dari bidang tinggi endapan ke daerah-daerah yang rendah endapan. Ini hasil di smoothing dari planform (atau melihat peta) bentuk delta sebagai jalur lintas permukaannya dan deposit endapan. Karena endapan diletakkan di bawah ini fashion, bentuk ini deltas approximates seorang penggemar. Hal ini lebih dekat dengan yang ideal lebih sering membuat arus perubahan saja karena lebih cepat di saluran perubahan posisi hasil lebih seragam dari endapan endapan di delta depan. The Ural dan Sungai Mississippi deltas, dengan bird's-kaki, adalah contoh dari sungai yang tidak sering avulse cukup untuk membentuk sebuah kipas berbentuk simetris. Alluvial fan deltas, seperti terlihat pada nama mereka, avulse sering dan lebih dekat perkiraan fan bentuk yang ideal.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar